Indotricking, sebagai sebuah kesatuan untuk semua grup tricking di wilayah-wilayah di seluruh Indonesia merupakan satu wadah besar dimana para tricker dalam negeri berkumpul, bersatu dan memajukan tricking di Indonesia. semenjak adanya Indotricking Gatthering 2016 lalu, banyak tricker-tricker Indonesia yang dulunya hanya berinteraksi melalui sosial media dan sharing video via youtube bertemu dan unjuk gigi. Ajang itulah yang kemudian pada 2017 lalu berlanjut. Disini terlihat kuat persatuan dan potensi tricking Indonesia yang tak kalah kualitasnya dengan tricking luar negeri.

Pun dalam Indotricking, terdapat satu logo yang dipakai untuk mempersatukan grup tricking di Indonesia. Pembuatan logo Indotricking bukanlah asal buat, namun membutuhkan waktu, pemikiran dan mendalami maksud dari pembuatan logo. Sang pembuat logo sendiri bukanlah orang lain, namun salah satu tricker yang menjadi pentolan salah satu grup tricking di Semarang. Bagas Hermawan, ialah yang membuat logo Indotricking yang dipakai hingga sekarang. Tujuan dari pembuatan logo ini adalah satu, yakni mempersatukan semua tricker di Indonesia dalam satu bendera besar.

Berikut adalah makna yang tersirat dari logo Indotricking

Logo yang dibuat oleh Bagas ini memiliki elemen penting yaitu sayap burung Garuda, burung yang juga merupakan lambang dari Indonesia. Sayap burung Garuda ini bermakna sebuah harapan agar tricking Indonesia dapat berkembang lebih baik dan terbang tinggi. Disisi lain, lingkaran merupakan lambang kebersamaan dan kesatuan dari Tricking Indonesia. Warna yang digunakan adalah warna merah yang bermakna keberanian seperti warna pada bendera Indonesia. 

Foto Bagas Hermawan.

Bagas yang merupakan pentolan Easy Trick dari Semarang ini bukanlah orang sembarangan dalam memperjuangkan Indotricking. Pada awal ide adanya Indotricking Gathering 2016, Bagas memiliki peran penting dalam pembuatan logo dan materi video Indotricking, hingga dirinya membuat animasi dengan kualitas luar biasa seperti dibawah ini.

Alasan penting mengapa Indotricking ini ada adalah sebuah kejenuhan ketika ada pertanyaan ‘Tricking di Indonesia itu siapa?”, seringnya pertanyaan itu dijawab dengan kebingungan apakah saat itu grup tricking yang ada di Jakarta? Atau di Jogja? Karena pada saat itu video yang massif beredar di Youtube baru dua daerah tersebut. Kini telah banyak grup Tricking yang videonya dapat dilihat di Youtube, dari Sabang hingga Merauke.

Indotricking merupakan satu kesatuan dan persatuan yang ketika ditanya siapakah tricking di Indonesia, kita bisa menjawab dengan bangga, yaitu Indotricking. Selayaknya tricker di Indonesia kini mengetahui dan menghargai sang kreator logo Indotricking yang kita pakai, berkat jasa nya lah kini Indotricking masih bertahan dan memiliki harapan besar bahwa tricking di Indonesia dapat bersaing di kompetisi luar negeri atau bahkan dapat memenangkan kejuaraan tricking internasional. Semuanya ada di bahu kita, Indotricking!