Pernah melihat orang yang mengenakan celana yang terlihat sangat melorot hingga dibawah pantat? Bukan, itu bukan dikarenakan celana nya melorot,  melainkan mereka sedang memakai Saggy pants. Trend yang terlihat tidak pantas untuk dipakai serta aneh ini ternyata banyak peminatnya. Meski begitu, banyak pula yang kontra dengan orang yang memakai celana dengan model Sagging ini. Banyak yang merasa bahwa celana tersebut tidak praktis dan cenderung membatasi gerak ketika berjalan, bahkan tidak pantas untuk dipakai.

Image result for sagging

Trend ini dinamakan dengan ‘Sagging’. Kata sagging digunakan untuk mereka yang mengenakan celana di bawah pinggang sampai menunjukkan celana dalam nya termasuk boxer.  Ada banyak teori yang berkembang mengenai trend ini, salah satunya adalah teori bahwa trend sagging sebenarnya adalah cara para tahanan di Amerika Serikat untuk mengatakan bahwa mereka sedang mencari mangsa untuk berhubungan intim sesama tahanan, atau lebih ringkasnya adalah mereka sedang ‘available’ untuk berhubungan intim. Teori mengenai sejarah trend sagging lainnya mengatakan bahwa trend ini bermula pada tahun 1960an dimana pada saat itu para tahanan tidak diperbolehkan mengenakan ikat pinggang karena tingginya resiko ikat pinggang tersebut akan digunakan untuk sarana bunuh diri maupun membunuh tahanan lainnya, sehingga beberapa tahanan yang memiliki ukuran terlalu besar tetap harus mengenakan celana yang sudah diberi sipir penjara. Karena celana tidak diperbolehkan mengenakan ikat pinggang, celana yang dipakai para tahanan pun sering melorot.

Image result for Kriss Kross album cover

Praktik memakai celana dibawah pinggang yang awalnya hanya ada didalam penjara menjadi salah satu trend di luar penjara pada tahun 1990an. Beberapa rapper Amerika Serikat seperti Kriss Kross pada tahun 1992 juga mempopulerkan keberadaan sagging ini dengan memperlihatkan dua anak muda menggunakan Saggy Pants  pada cover albumnya Totally Krossed Out. Beberapa artis terkenal yang pernah mengenakan celana model seperti ini adalah Tupac, Justin Bieber dan Hopsin.

Image result for justin bieber sagging

Dikarenakan terlihat aneh, trend ini menjadi kontroversi sehingga muncul “Pull Up Your Pants” Campaign. Program ini bertujuan untuk menghimbau mereka yang melakukan tren sagging untuk tidak lagi mengenakan celana di bawah pantat. Di Mississippi Amerika Serikat, campaign ini juga diserukan oleh kepolisian setempat.   

sumber 

Snopes | NPR | CNN | Cladwell |Nation.ce |Menwit