Mengenal Lebih Dalam Tentang Barista

Apa yang kalian ketahui bila mendengar kata ‘barista’? Ya, peracik kopi. Eits, tunggu dulu… Ternyata seorang barista tak hanya sekedar meracik kopi. Dilansir dari artikel https://majalah.ottencoffee.co.id/ , barista berasal dari bahasa Italia yang berarti “bartender” yaitu penyaji minuman yang tak hanya kopi. Akan tetapi, seiring berkembangnya tren kopi di Amerika dan Eropa, arti kata barista telah disesuaikan dengan pemahaman kita sekarang. Peran barista sendiri sangat berpengaruh untuk sebuah coffee shop. Mereka bertanggung jawab penuh  sebagai ujung tombak dari coffee shop tempat mereka bekerja. Mulai dari kebersihan, konsistensi rasa, citra yang dibangun sampai kepuasan pelanggan berada dalam genggaman tangan mereka. Mari kita mengenal lebih dalam tentang mereka dari berbagai hal berikut ini.

Kebersihan dan kerapian adalah poin penting  

Siapa sih yang tak suka bila melihat barista yang ganteng atau cantik? Dengan penampilan mereka  yang rapi, bersih dan menawan pasti akan membuat kita lebih betah duduk di coffee shop selama berjam-jam demi melihat mas mbak barista dibalik coffee machine. Berwajah tampan atau cantik hanyalah poin tambahan saja. Seorang barista memang dituntut untuk selalu menjaga kebersihan diri sendiri dan bar mereka.

Seorang barista baiknya tidak memiliki kuku yang panjang, berambut rapi atau diikat bagi yang berambut panjang dan menggunakan apron yang bersih. Disamping itu, sebelum menjadi barista handal, mereka pasti sudah akrab dengan sapu, lap, mencuci cangkir dan harus ‘gercep’ bila ada yang kotor. Bayangkan saja bila kita duduk di coffee shop yang biasanya bertema open bar lalu kita menemukan pemandangan air tergenang, gelas yang disusun asal-asalan atau lap yang ditaruh sembarangan di meja bar yang berdebu. Merasa kurang nyaman kan?

Seorang Barista mencicipi kopi racikannya sendiri

Lho, ngeracik sendiri kok diminum sendiri sih? Ya, mereka melakukannya untuk menjaga konsistensi rasa dari kopi ataupun minuman yang mereka buat. Menjaga rasa dari satu cangkir ke cangkir berikutnya adalah hal yang harus dipegang teguh seorang barista. Dari sanalah rasa racikan kopi mereka akan terus tetap sama dan seimbang setiap harinya.

Memberi edukasi untuk pelanggannya

Jangan heran bila barista coffee shop andalanmu tiba-tiba ngajakin ngobrol tentang kopi. Seorang barista memang semestinya berbagi edukasi. Mereka pasti akan dengan senang hati menjelaskan seluk beluk kopi jika kita bertanya. Jadi tak perlu merasa malu bila ingin memesan kopi dengan istilah-istilah pembuatannya, seperti apa bedanya V60 dengan aeropress  atau tentang karakter biji kopinya.

Selalu sabar dan tersenyum

Bertemu dengan pelanggan yang berbeda-beda mau tak mau seorang barista juga harus selalu sabar dan tersenyum. Selelah apapun mereka, pasti tidak akan pernah lupa menyapa dan bersikap sopan. Tak jarang juga mereka berhadapan dengan pelanggan atau coffee snob (para kritikus kopi) yang ‘rese’, harus tetap dihadapi dengan sabar dan ramah.

 Di Italia sendiri barista juga disimbolkan sebagai persahabatan. Menjalin hubungan baik dan membuat pelanggannya merasa nyaman dengan pelayanan mereka adalah hal lain yang harus diperhatikan pula. Sepulang lelah bekerja atau mengerjakan tugas pasti akan merasa senang dong bila memesan secangkir espresso ditambah senyum manis dan ucapan “lagi capek ya mbak?” atau “gimana kerjaan hari ini mas?” dari sang barista. Jadi jangan cepat baper ke barista coffee shop favoritmu ya, hehehe…

Itulah hal-hal yang mungkin belum kita ketahui tentang barista. Ternyata mereka punya banyak hal yang perlu dijaga demi perusahaan, bahkan passion mereka sendiri, terlepas dari predikat profesi yang ‘wow’. Untuk teman-teman barista diluar sana, tetap semangat dan menginspirasi ya! Karena seperti idiom bahasa Jawa yang terkenal saat ini, urip kuat dilakoni, ra kuat yo ditinggal ngopi, kuat buat hidup ya dijalani aja, ga kuat ya ayo ngopi aja.

 

 

Sumber :

https://majalah.ottencoffee.co.id/sekilas-tentang-barista

https://wonderopolis.org/wonder/what-is-a-barista

https://majalah.ottencoffee.co.id/rahasia-barista-yang-belum-kamu-ketahui/

http://caswellscoffee.com/events/ibc-jakarta-2013-eksistensi-dan-konsistensi-seorang-barista/